JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 064037 Medan

Nasution, Putri Khairina (Unknown)
Putri, Elia (Unknown)
Batubara, Masnilam (Unknown)
Nurmairina, Nurmairina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 064037 Medan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, keterlibatan siswa masih rendah dengan 58,33% siswa aktif dalam diskusi, 50% mampu mengidentifikasi masalah, dan 37,50% berpartisipasi dalam presentasi. Hasil tes juga menunjukkan bahwa hanya 12,50% siswa yang memperoleh nilai dalam kategori sangat baik dan 20,83% dalam kategori baik, sementara 37,50% masih berada pada kategori kurang dan gagal. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, keterlibatan siswa meningkat signifikan, dengan 83,33% siswa aktif dalam diskusi, 75% mampu mengidentifikasi masalah, dan 66,67% berpartisipasi dalam presentasi. Hasil tes pun mengalami peningkatan, dengan 29,17% siswa mencapai kategori sangat baik, 33,33% dalam kategori baik, dan tidak ada siswa yang gagal. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan serta hasil belajar siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...