Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh media sosial terhadap kemampuan berbahasa pada anak di sekolah dasar negeri 060877 medan perjuangan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, Angket dan wawancara dengan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, Angket selama pelaksanaan pembelajaran dan wawancara oleh guru wali kelas 6. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan angket yang di berikan kepada peserta didik, dapat kita ketahui bahwa hanya ada 10% dari 2 orang peserta didik yang tidak setuju jika mereka lebih suka membaca buku daripada menggunakan media sosial, ini berarti mereka lebih suka menggunakan media sosial daripada membaca buku. Dan berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan penulis pada salah satu Guru yang ada di SDN 060877 Medan Perjuangan lebih tepatnya guru wali kelas 6. Diperoleh pendapat dan juga perspektif tentang bagaimana media sosial dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa anak pada jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaruh media sosial terhadapat perkembangan berbahasa anak khususnya di sekolah dasar sangat rentang berpengaruh di zaman digital sekarang.
Copyrights © 2025