JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Minimnya Fasilitas Pendukung: Akar Masalah Pendidikan Inklusi di Sekolah Sumatra Utara

Harefa, Dyana Lestari (Unknown)
Butarbutar, Gracia Patunia (Unknown)
Salwa, Hannyfa Amira (Unknown)
Simanjuntak, Rani Hartati Enjelika (Unknown)
Simanjuntak, Siska Monika (Unknown)
Assyifa, Zahwa Maulidina (Unknown)
Tansliova, Lili (Unknown)
Puteri, Anggia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang ditimbulkan dari minimnya fasilitas pendukung dalam implementasi pendidikan inklusi di Sumatra Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan data dengan mencari dan membaca berbagai literatur yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah-sekolah di Sumatra Utara masih menghadapi kendala signifikan dalam penyediaan fasilitas pendukung bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), meliputi sarana fisik (aksesibilitas bangunan, ruang terapi, toilet khusus) dan sumber daya manusia (guru pendamping khusus, terapis, psikologi). Dampak dari kondisi ini mengakibatkan ABK masih mengalami kesulitan dalam mengakses pendidikan, berpartisipasi dalam pembelajaran, dan mengembangkan potensi mereka dengan tepat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...