JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dan Tantangan dalam Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Media di MAN 1 Medan

Fatmawati, Ade (Unknown)
Fauziah, Fauziah (Unknown)
Sitorus, Herman Aldona P. (Unknown)
Aritonang, Nathasya Inneke (Unknown)
Tarigan, Osmondo Jorey Pratama (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)
Mukra, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis penggunaan media pembelajaran serta tantangan dalam penerapan pembelajaran biologi berbasis media di MAN 1 Medan. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis media pembelajaran yang digunakan, kendala yang dihadapi, serta strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melaliui survei dengan kuisioner dan wawancara terhadap guru serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual dan audiovisual, seperti PowerPoint, alat peraga, dan video pembelajaran, menjadi pilihan utama yang paling efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Namun, terdapat kendala dalam fasilitas sekolah yang belum sepenuhnya mendukung penggunaan media tersebut. Oleh karena itu, diperlukan penguatan infrastruktur serta peningkatan kompetensi guru dalam mengelola media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran biologi melalui media yang inovatif dan interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...