JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Penerapan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Pembelajaran (PjBL) Di SMAN 4 Medan

Sinaga, Aulia (Unknown)
Giovani, Amanda (Unknown)
Permata, Bintang Rizki (Unknown)
Sinaga, Gunis Enzlen (Unknown)
Manalu, Rosa Rini Kezia (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)
Mukra, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL) di SMA Negeri 4 Medan. Dalam konteks pendidikan yang terus berkembang, penting bagi pendidik untuk mengadopsi metode yang tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga praktik praktis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang bersifat deskriptif dan analitis. Populasi penelitian terdiri dari 34 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang dirancang untuk mengukur tingkat keterlibatan dan persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan PjBL, serta wawancara dengan guru biologi untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang pelaksanaan metode ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi kolaborasi di antara mereka, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang esensial. Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, serta waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek, secara keseluruhan, PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...