JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Studi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Subring dan Ideal: Perspektif Strategi Polya

Nainggolan, Gustia Louisa (Unknown)
Manurung, Sri Lestari (Unknown)
Siregar, Dea Athalia (Unknown)
Turnip, Leonardo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika pada topik Subring dan Ideal dalam Struktur Aljabar. Subjek penelitian terdiri dari 20 mahasiswa jurusan Matematika di Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui pencatatan pertanyaan mahasiswa, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kompetensi mahasiswa dalam memahami permasalahan mencapai 59%, menyusun strategi pemecahan masalah 59%, mengeksekusi rencana penyelesaian 50%, dan meninjau ulang solusi 46%. Tingkat penguasaan mahasiswa dalam pemecahan masalah masih rendah, dengan kesulitan utama pada perencanaan dan pemeriksaan ulang solusi. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang lebih sistematis dengan menekankan perencanaan dan refleksi guna meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...