Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi orangtua menyekolahkan anak ke Pondok Pesantren di Kabupaten Padang Lawas dan untuk mengetahui motivasi santri memasuki pendidikan ke Pondok Pesantren di kabupaten Padang Lawas Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa notivasi santri memasuki pendidikan ke pondok pesantren di kabupaten Padang Lawas adalah untuk pembentukan karakter. Melalui motivasi ini santri mengharapkan bimbingan dan pengawasan yang baik untuk menumbuh kembangkan potensi diri, yaitu kepribadian yang mandiri, jujur, bertanggung jawab, disiplin, dan teladan bagi orang lain. Dan motivasi terhadap karir keagamaan. Santri sangat termotivasi menjadi seorang ustadz atau ustadzah dan faham terhadap ilmu-ilmu agama Islam. Sedangkan motivasi orangtua menyekolahkan anaknya ke Pondok Pesantren di Kabupaten Padang Lawas yaitu berupa motivasi pendidikan agama yang kuat, motivasi terhadap lingkungan yang Islami, motivasi dalam tradisi keluarga dan dikarenakan biayanya dipondok pesantren yang terjangkau untuk kalangan ekonomi menengah kebawah.
Copyrights © 2025