Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari-April 2024

Peran Guru Penggerak Dalam Mensukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Masau, Darnianti (Unknown)
Arismunandar, Arismunandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran guru penggerak dalam mensukseskan Kurikulum Merdeka di tingkat Sekolah Dasar. Fokus penelitian mencakup pemahaman terhadap kemampuan guru penggerak dalam membimbing rekan-rekan guru, menciptakan lingkungan belajar kolaboratif, dan melaksanakan tugas administratif secara efektif. Metode penelitian menggunakan studi kepustakaan dengan mengeksplorasi berbagai sumber seperti, jurnal, artikel, skripsi, dan sumber-sumber relevan lainnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa peran guru penggerak sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik dan menjamin keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami dan meningkatkan peran guru penggerak dalam mewujudkan visi Kurikulum Merdeka serta membentuk karakter peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...