Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 3 (2024): September-December 2024

Model Pengukuran Kompetensi Profesional untuk Guru Musik

Utami, Mutiara Arlisyah Putri (Unknown)
Syamsuddin, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini berfokus pada standar kompetensi profesional khususnya guru music pada sekolah menengah dalam pendidikan seni. Standar profesional guru musik selama ini masih menjadi permasalahan dalam pembelajaran pendidikan seni. Penelitian ini mengonseptualisasikan tiga proses integrasi dalam analogi kompetensi profesional, pembelajaran musik dan guru musik; mendefinisikan dan menghubungkan berbagai teori dengan perspektif penelitian; kemudian mengembangkan dan memvalidasi faktor-faktor yang dibentuk untuk standar profesionalisme guru musik. Teknik Sampling menggunakan purposive sampling yang melibatkan 180 guru musik dari 100 sekolah menengah. Hasil analisis faktor eksploratory menunjukkan jumlah faktor yang mengubah standar kompetensi guru musik dari delapan menjadi empat, yaitu kriteria penilaian, kriteria kinerja, penguasaan kurikulum, dan evaluasi dengan nilai KMO sebesar 0,732. Hasil analisis faktor confirmatory menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0.13, RMSEA 0.06, CMIN/DF 1.64, GFI 0.93, dan AGFI 0.92. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model atau faktor yang terstruktur tersebut cocok untuk menggambarkan standar kompetensi profesional guru musik pendidikan seni rupa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...