Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 13, No 1 (2025): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

Studi Awal Penggunaan Media Flashcard Berbasis QR-Code sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Islam Tirtayasa

hutapea, Firly noning agreliya (Unknown)
Ainulhaq, Nurisa (Unknown)
Ginanjar, Gigin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas wawancara sebagai metode untuk mengumpulkan informasi mengenai pengalaman siswa dan guru dalam proses pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami perspektif kedua kelompok terkait tantangan dan pencapaian yang dihadapi dalam lingkungan belajar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media flashcard dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada wawancara mendalam terhadap siswa dan guru di sekolah-sekolah terpilih. Temuan penelitian mengungkapkan wawasan penting mengenai kesenjangan komunikasi, strategi pedagogis, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard secara signifikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dalam aspek motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. Dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan praktik pengajaran dan pembelajaran. Kata Kunci:Flascard, Qr-Code, Kasifikasi Makhluk Hidup, Media , Motivasi Belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...