Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Hikmah Pembacaan Surah-Surah Muktabarah Sebelum Tidur Terhadap Santriwati di Pondok Karya Pembangunan Al-Hidayah

Ningrum, Tri Widiya (Unknown)
Ghafar, Abdul (Unknown)
Abbas, Pirhat (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) Bagaimana dasar Pembacaan Surah-Surah Muktabarah sebelum tidur terhadap Santriwati di Pondok Karya Pembangunan Al-Hidayah. (2) Apa saja Hikmah Pembacaan Surah-Surah Muktabarah sebelum tidur terhadap Santriwati di Pondok Karya Pembangunan Al-Hidayah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang mana dalam teknis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah Living Qur'an, dengan melakukan peninjauan ke lapangan terhadap pemahaman parasantriwati tentang Pembacaan Surah-Surah Muktabarah sebelum tidur terhadap Santriwati di Pondok Karya Pembangunan Al-Hidayah yang diterapkan sebagai penutup kegiatan sehari. Adapun hasil penelitian ini (1) Dasar pembacaan surah-surah Muktabarah sebelum tidur di Pondok Karya Pembangunan Al-Hidayah memiliki pengaruh yang sangat positif bagi santriwati, terutama dalam hal ketenangan jiwa dan batin. Surah muktabarah yang diterapkan fokus pada Surah Al Fatihah, Surah Al-Baqarah, Surah Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq, dan Surah An-Nas. (2) Hikmah dari pembacaan surah-surah muktabarah sebelum tidur, baik dari sisi spiritual, emosional, sosial, maupun psikologis. Kebiasaan ini layak untuk terus dilestarikan dan dijadikan sebagai bagian penting dari kurikulum pendidikan karakter di pondok pesantren, karena terbukti memberikan manfaat nyata bagi perkembangan pribadi santriwati.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...