Tadris al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol. 1 No. 1 (2022): Tadris Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Tahlīl Al-Akhtā’ Al-Sharfiyyah wa Al-Nahwiyya fī Al-Kitāb Al-‘Arabiyyah Li Dars Al-Insyā’

Syafei, Isop (Unknown)
Fauziah, Neng Nada Putri (Unknown)
Azizah, Zakiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Mengetahui kesalahan-kesalahan nahwu dan sharaf merupakan salah satu langkah awal dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan nahwu dan sharaf dalam penulisan Bahasa Arab pada pelajaran Insya di kelas 4 putri Pondok Modern Al-Basyariyyah Cigondewah, mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan nahwu sharaf dalam penulisan Bahasa Arab pada pelajaran insya, dan untuk mengetahui solusi untuk memperbaiki kesalahan nahwu sharaf dalam penulisan Bahasa Arab pada pelajaran insya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan, sedangkan teknik analisis datanya adalah reduksi informasi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan sharaf dalam penulisan Bahasa Arab terdapat pada aspek harakat pada tasrif dan shigot yang dapat menghilangkan aspek penting dalam kalimat, menambahkan hal-hal yang tidak perlu, serta kesalahan dalam susunan. Kesalahan nahwu dalam penulisan Bahasa Arab terdapat pada kesalahan mubtada khobar, fi’il fa’il maf’ul, na’at man’ut, jar majrur, inna wa akhwatuhaa dan idhofat. Faktor penyebab kesalahan secara umum adalah perbedaan sistem gramatika dan struktur kalimat yang terdapat dalam bahasa asal (B1) dengan bahasa target (B2). Kesalahan yang bersumber dari proses belajar mengajar yaitu kesalahan metode, media atau teknik. Upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kesalahan kebahasaan ini dengan memberikan latihan-latihan yang berkaitan dengan jenis kesalahan berbahasa dalam pelajaran insya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ta

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tadris Al-Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. It is published twice a year since 2022 (April and October) in press version and open journal ...