Cendikia Pendidikan
Vol. 13 No. 7 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP IPA DI KELAS IV SDN 102071 DOLOK MASIHUL

Herawati Purba (Unknown)
Nurhudayah Manjani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam memahami konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV SDN 102071 Dolok Masihul. Kesulitan pemahaman konsep sering menjadi hambatan dalam proses pembelajaran, yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti metode pengajaran, keterbatasan media pembelajaran, serta karakteristik kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes diagnostik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPA yaitu siswa sulit menyelesaikan soal IPA dalam materi sumber energi. Adapun faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal IPA materi sumber energi yaitu disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor internal (faktor di dalam diri siswa) dan faktor eksternal (faktor yang diluar diri siswa)

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...