Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
Vol. 3 No. 2 (2024): December

Penggunaan Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Berbantuan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar

Triwahyuni, Windi (Unknown)
Bayu Kelana, Jajang (Unknown)
Savira Wardani, Duhita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui penggunaan model kooperatif picture and picture berbantuan canva untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada materi daur hidup hewan di sekolah dasar. Berdasarkan data dan fakta hasil peneliti, permasalahan yang terjadi di lapangan adalah pembelajaran yang dilakukan masih monoton dan rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and picture berbantuan aplikasi canva. Metode yang digunakan adalah metode mix method untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar Negeri  Kecamatan  Batujajar  dengan  total  siswa  36 orang. Instrumen dalam penelitian ini, meliputi instrumen tes, angket dan pedoman wawancara. Berdasarkan  hasil penelitian, siswa mampu berpikir kreatif dengan perolehan rata-rata skor posttest berkisar 86,67 setelah menggunakan model kooperatif tipe picture and picture berbantuan aplikasi canva. Dapat disimpulkan bahwa, hasil dari kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and picture menunjukkan peningkatan dan dapat dikatakan telah mencapai tujuan penelitian. Jadi, eksplorasi ini bisa dikatakan menemukan keberhasilan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. Kami merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Kami dapat memproses naskah penelitian pengembangan ...