Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan asesmen mahasiswa pendidikan fisika semester 4 melalui sosialisasi buku "Kontekstualisasi Asesmen dalam Pembelajaran Fisika: AfL, AsL, AoL". Metode yang digunakan adalah Forum Group Discussion dengan rincian observasi awal, identifikasi masalah, penyusunan materi, edukasi, dan pelaporan hasil kegiatan. Melalui metode ini, pada bagian edukasi, mahasiswa dilibatkan secara aktif dalam memahami konsep dan praktik asesmen, khususnya Assessment for Learning (AfL), Assessment as Learning (AsL), dan Assessment of Learning (AoL). Hasil kegiatan menunjukkan keantusiasan dan pemahaman mahasiswa tentang berbagai jenis asesmen dan penerapannya dalam pembelajaran fisika. Mereka mampu memberikan umpan balik yang konstruktif, dan mengubah soal lama menjadi ada kebaruan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini berhasil meningkatkan antusiasme dan partisipasi aktif mahasiswa, serta mendapatkan umpan balik positif. Diharapkan sosialisasi buku ini dapat berdampak positif pada kualitas pembelajaran fisika di masa depan.
Copyrights © 2025