Perencanaan pembelajaran yang baik memiliki korelasi yang kuat dengan peningkatan mutu pendidikan. Melalui perencanaan pembelajaran yang matang, guru dapat mengoptimalkan pengalaman belajar siswa, meningkatkan partisipasi dan pemahaman mereka, serta merespons kebutuhan individual siswa. Hal ini secara langsung berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan, di mana hasil belajar siswa akan meningkat dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan penyurusan perencanaan pembelajaran pendidikan Islam secara baik dan matang agar dapat meningkatkan kualitas lulusan yang mampu beradaptasi dengan zaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan-tahapan penyusunan perencanaan pembelajaran pendidikan Islam yaitu, (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang mengarah kepada tujuan pendidikan Islam, (2) menentukan materi/ konten pembelajaran yang sejalan dengan prinsip-prinsip agama Islam, (3) metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif, (4) media pembelajaran yang jauh dari syubhat dan syahwat, (5) sumber belajar yang otoritatif, dan (6) evaluasi pembelajaran.
Copyrights © 2025