Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 2 (2025): Karimah Tauhid

Studi Kasus Ketidaksesuaian Cara Pelabelan Pangan Terhadap Etika Bisnis Dalam Ekonomi Mikro Islam

Nuralam, Idan (Unknown)
Kurnia, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Studi ini menunjukkan betapa pentingnya penerapan etika bisnis dalam ekonomi mikro Islam, yang sangat memengaruhi keberlangsungan dan reputasi usaha mikro, khususnya dalam konteks prinsip syariah. Dalam Islam, etika bisnis mencakup aspek selain transaksi keuangan; itu juga mencakup aspek sosial, moral, dan spiritual, yang memastikan bahwa setiap transaksi bisnis dilakukan secara jujur, transparan, adil, dan bertanggung jawab (shiddiq, "adl," dan amanah). Prinsip-prinsip ini sangat penting dalam ekonomi mikro, yang sebagian besar melibatkan Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), untuk membangun bisnis yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. Kasus pelanggaran pelabelan makanan Bikini atau Bihun Kekinian menunjukkan bahwa produsen melanggar beberapa ketentuan. Penggunaan gambar pada kemasan produk yang tidak etis dan bertentangan dengan standar kesopanan karena dianggap vulgar, tidak terdaftar di BPOM sehingga menggunakan logo atau label halal palsu, tanggal kedaluwarsa, informasi nilai gizi, dan komposisi produk tidak ada pada produk. Pelanggaran ini menunjukkan ketidakpedulian untuk mematuhi peraturan yang berlaku dan etika bisnis yang sesuai dengan prinsip syariah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...