Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 15 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan, yaitu quasi eksperimental design. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran scramble, sedangkan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test (paired sample t-test) yang didahului dengan uji prasyarat, yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model scramble dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model scramble. Hal ini ditunjukan dengan hasil t-test, yaitu 0,001 < 0,005 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,005. Hasil rata-rata memperoleh nilai posttest kelas eksperimen sebesar 70,36 lebih baik dari hasil rata-rata nilai posttest kelas kontrol, yaitu sebesar 63,39 pada KKM yang ditentukan, yaitu 68.
Copyrights © 2025