Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model pembelajaran sentra bahan alam dalam meningkatkan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun TK Mujahidin 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitan Lapangan (Field Research). Sumber data ialah guru serta anak di kelas sentra bahan alam TK Mujahidin 1 Pontianak dan datanya adalah hasil wawancara dan lembar observasi juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru sudah melaksanakan model pembelajaran sentra bahan alam dalam meningkatkan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun yaitu melalui pijakan lingkungan main, 1) Pijakan sebelum main, 2) Pijakan saat main, dan 3) Pijakan setelah main dengan komponen sains yaitu sanis proses dalam meningkatkan kemampuan sains anak usia 5-6 Tahun TK Mujahidin 1 Pontianak. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa pijakan sentra dalam meningkatkan kemampuan sains anak terlaksana dengan baik dan efektif.
Copyrights © 2025