Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dnegan teknik role playing dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa MAS NU Paringgonan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Sampel penelitian diambil secara piuposive sampling melalui hasil screening sebanyak 30 siswa, terdiri dari 15 orang elompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tentang keterampilan sosial yang diadaptasi dari teori yang ada. Teknik analisis data dilakukan menggunakan Anova dan paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) skor kelompok eksperimen pada saat pretets diperoleh mean sebesar 74,00, median 74,00, mode 67, sd 4,472, minimum 67, maksimum 81, dan skor total 1.110. Sementara pada saat posttest diperoleh skor mean 107,00, median 107,00, mode 100, sd 4,472, minimum 100, maksimum 114, dan skor total 1.605. Adapun kelompok kontrol, diperoleh skor pada saat pretest mean 74,87, median 75,00, mode 68, sd 4,658, minimum 68, maksimum 82, skor total 1.123. dan pada saat posttest diperoleh skor mean 75,53, median 75,00, mode 79, sd 4,357, minimum 70, maksimum 83, dan skor total 1. 113. 2) Ada pengaruh layanan bimbingan kelompopk dengan teknik role playing terhadap keterampilan sosial siswa dengan nilai Mean Square sebesar 3893.061, dan nilai F sebesar 193.071 > 3.35, pada signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya peningkatan skor keterampilan siswa pada kelompok eksperimen mencapai peningkatan yang signifikan dengan rata-rata peningkatan 33 dan sebesar 44,59%. Sementara kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan yang signifikan, dimana hanya mencapai rata-rata peningkatan sebesar 0,66 dan sebesar 0,88%; 3) Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif meningkatkan keterampilan sosial siswa MAS NU Paringgonan.
Copyrights © 2025