Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 5 No 3 (2025): JPTI - Maret 2025

Strategi Tindakan Kekerasan dan Bullying di Sekolah: Bentuk, Pelaku dan Pencegahannya

Yudistira Nugraha, Muhamad (Unknown)
Sirozi, M (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai bentuk kekerasan dan bullying yang terjadi di sekolah, menganalisis profil pelaku, serta merumuskan strategi pencegahan yang efektif untuk mengurangi insiden kekerasan dan bullying di lingkungan sekolah.Kasus kekerasan dan bullying, baik dalam bentuk fisik, verbal, maupun siber, semakin meningkat dan menimbulkan dampak jangka panjang bagi korban dan pelaku.penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait kebijakan sekolah. Responden terdiri dari guru, siswa, dan pihak terkait lainnya yang memiliki pengalaman atau pengetahuan mengenai kekerasan dan bullying di sekolah.selain itu, pencegahan yang paling efektif melibatkan pendekatan holistik yang mencakup pendidikan karakter, peningkatan kesadaran, pelatihan keterampilan sosial, serta kebijakan yang jelas dan tegas dari pihak sekolah.pentingnya integrasi upaya pencegahan kekerasan dan bullying di sekolah dengan melibatkan semua pihak, termasuk pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...