Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 26 Makassar dalam pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMPN 26 Makassar sebanyak 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditori dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kritis berupa soal sistem persamaan linear dua variabel dan pedoman wawancara. Adapun tekknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penetian menunjukkan bahwa semua subjek mampu mencapai indikator kemampuan berpikir kritis yang berjumlah 6 indikator. Dilihat dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa subjek dengan gaya belajar visual (SV), subjek gaya belajar auditori (SA) dan subjek gaya belajar kinestetik (SK) mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025