Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2 No 1 (2025): Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar

Arlinda, Arlinda (Unknown)
Syam, Haerul (Unknown)
Ekafitri Bahar, Erni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 26 Makassar dalam pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMPN 26 Makassar sebanyak 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditori dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kritis berupa soal sistem persamaan linear dua variabel dan pedoman wawancara. Adapun tekknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penetian menunjukkan bahwa semua subjek mampu mencapai indikator kemampuan berpikir kritis yang berjumlah 6 indikator. Dilihat dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa subjek dengan gaya belajar visual (SV), subjek gaya belajar auditori (SA) dan subjek gaya belajar kinestetik (SK) mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

progresivisme

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran adalah jurnal ilmiah nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian, pemikiran, dan kajian ilmiah atau kajian kritis-analitis di bidang pendidikan dan pembelajaran yang memberikan sumbangan pada pemahaman, pengembangan teori serta ...