Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan pandangan guru dalam mengatasi kesulitan belajar murid Sekolah Dasar dan solusi yang diusulkan terkait tantangan yang dihadapi guru selama proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan subjek penelitian adalah guru kelas III di tingkat Sekolah Dasar. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan berbagai perspektif guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, yang meliputi faktor internal dan eksternal, berbagai hambatan yang sering dihadapi oleh guru matematika selama pembelajaran, serta pendekatan yang digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut. Solusi yang ditawarkan mencakup penerapan metode 6M, yaitu bekerja sama dengan orang tua untuk mendukung, membimbing, dan mengarahkan murid; memastikan kesiapan dan fokus murid dalam belajar; memberikan motivasi belajar baik dari guru maupun lingkungan keluarga; menggunakan strategi dan media pembelajaran yang menarik; memberikan ruang bagi murid untuk eksplorasi; serta memberikan soal atau tes sesuai dengan kemampuan murid
Copyrights © 2025