Penelitian ini bertujuan untuk membahas peran buku ajar PAI-BP Kelas XI dalam membangun harmoni intern dan ekstern umat beragama di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar PAI-BP telah menekankan pentingnya hidup rukun berdampingan dengan pemeluk agama lain, tetapi efektivitasnya masih bergantung pada metode pengajaran yang digunakan guru. Implementasi pembelajaran PAI-BP di SMK Negeri 2 Bandar Lampung juga mencakup berbagai strategi, seperti pendekatan interkatif, diskusi kelompok, menggunakan media social sebagai media dakwah serta sarana edukasi toleransi dan berbagai kegiatan yang mendukung keberagaman. Namun, masih terdapat tantangan seperti kurangya pemahaman sebagian siswa terhadap konsep moderasi beragama dan pengaruh eksternal yang dapat menimbulkan intoleransi. Oleh karena itu, diperlukannya penguatan dalam metode pembelajaran dan mengembangkan kurikulum agar nilai-nilai harmoni beragama dapat dipahami dan diterapkan dengan baik oleh peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025