Setiap murid memiliki kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mengakomodir perbedaan kebutuhan belajar murid adalah pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodir kebutuhan belajar murid kelas V SD Negeri Semarangan 1, Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus Miles dan Hubberman. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ber-diferensiasi diimplementasikan melalui 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Strategi diferensiasi yang digunakan yaitu diferensiasi konten, pros-es dan produk. Pembelajaran berdiferensiasi dapat mengakomodir semua kebutuhan murid, meningkatkan motivasi belajar, dan mendorong terwujudnya student well being.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024