Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi guru Bahasa Inggris Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Malang dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dan penyusunan asesmen dengan menggunakan metode Partisipatory Action Research (PAR). Tahap perencanaan meliputi observasi dan wawancara dengan guru Bahasa Inggris, dimana hasil observasi mengindikasikan kebutuhan mendesak dalam pendampingan implementasi kurikulum merdeka dan penyusunan asesmen. Tahap pelaksanaan yaitu memberikan pelatihan dengan mengundang narasumber yang ahli di bidang kurikulum dan asesmen, dilanjutkan dengan diskusi interaktif dan praktik penyusunan asesmen. Tahap evaluasi melibatkan refleksi dan angket yang dibagikan kepada peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pendampingan ini berhasil meningkatkan pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka dan pembuatan asesmen. Namun, ditemukan beberapa kendala dalam penyusunan asesmen diantaranya pemilihan soal dan penentuan rubrik yang sesuai dengan kemampuan siswa yang beragam. Implikasi dari kegiatan ini adalah perlunya pelatihan lanjutan untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam menyusun asesmen yang relevan dan efektif.
Copyrights © 2025