Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan
Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Tinta

Perspektif Psikolinguistik terhadap Kepribadian Ekstovert dan Introvert pada Anak Usia Dini

Halimatusya'diyah (Unknown)
Luluk Kamalia, Alfin (Unknown)
Kalukar, Ventje Jany (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Sudah umum diketahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang sering digunakan dalam kancah internasional. Upaya pemerolehan dan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua perlu dilakukan secara terencana dan sistematis guna mencapai target yang diinginkan. Pembelajaran dan pemerolehan bahasa Inggris kebanyakan dilakukan pada bidang formal seperti di sekolah-sekolah. Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib bagi siswanya. Terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses belajar bahasa. Faktor internal biasanya terdapat dalam diri pribadi setiap pembelajar. Sedangkan faktor eksternal berkaitan dengan faktor lingkungan. Penelitian ini akan membahasa faktor internal berupa tipe kepribadian ekstrovert dan introvert, serta pengaruh motivasi dalam pemerolehan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dekriptif kualitatif dengan model analisis kategoris deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas IX MTS Lukmanul Hakim Muara Kaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan proses pemerolehan bahasa kedua pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Siswa ekstrovert dominan menguasai aspek reading dan speaking. Sedangkan siswa introvert cenderung dominan pada aspek vocabulary dan writing. Motivasi berupa adanya keinginan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi turut menjadi faktor keberhasilan pemerolehan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Kata Kunci: tipe kepribadian, motivasi, pemerolehan bahasa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnaltinta

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This Journal covers the area of Teaching learning in Indonesia and the science of Teaching Learning at educational system in such areas of teaching science, teaching social knowledge, teaching language, teaching religion, teaching culture and teaching technology and publishes articles biannually in ...