JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 1 (2025): Januari

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Melalui Model PBL Berbantuan Media Konkret Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Duheriani, Duheriani (Unknown)
Anggraini, Hilda Putri (Unknown)
Karmila, Karmila (Unknown)
Rodzikin, Khoirul (Unknown)
Suratmi, Suratmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pendidikan pancasila melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret. Penelitian ini menggunakan metodologi tindakan kelas dengan menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, dan tes.[1] PTK dilakukan dalam 2 siklus pada penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar naik pada siklus I sebesar 57% [2] menjadi 87% setelah siklus II. Selain itu hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I yakni 79,833 siklus II menjadi 83,66 sehingga studi penelitian ini mendaptkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD melalui Model PBL berbantuan media konkret pada pada pembelajaran pendidikan pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...