Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai: 1) strategi kepala sekolah dalam peningkatan jumlah peserta didik baru di SD IT Daarul Fadhil. 2) faktor penghambat dan faktor pendukung dari strategi kepala sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di SD IT Daarul Fadhil. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Prosedur penelitian yang digunakan menghasilkan data berupa kata-kata tertulis, ungkapan lisan dari narasumber. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan staf. Data primer berdasarkan dari hasil wawancara dan observasi. Data sekunder, diperoleh melalui studi kepustakaan, referensi, dan dokumentasi yang di dapatkan dari lokasi penelitian. Dalam penelitian kualitatif ini yang paling utama yang harus dilakukan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan jumlah peserta didik baru di lingkungan sekolah SD IT Daarul Fadhil yang pertama promosi, SD IT Daarul Fadhil promosi melalui media sosial, promosi kepada TK sekitar, memberikan Beasiswa untuk yang hapal Al-Qu’an lebih dari 2 juz dan mengadakan perlombaan antar TK disekolah SD IT Daarul Fadhil. Kedua meningkatkan kualitas peserta didik melalui program sekolah seperti program unggulan Tahfiz. Ketiga menjalin hubungan sekolah dengan masyarakat, seperti program yang sudah dilakukan SD IT Daarul Fadil yaitu memberikan santunan anak yatim di sekitar sekolah setiap bulan Ramadhan. Terakhir mengenalkan ekstrakurikuler yang ada di SD IT Daarul Fadhil Seperti tahfiz, pencak silat, tasmi’ qur’an,puisi, kaligrafi, pidato bahsa arab dan bahasa inggris, nasyid, menari, menggambar dan MIPA. Faktor penghambat strategi meningkatkan jumlah peserta didik baru di SD IT Daarul Fadhil pertama panitia pelaksana. Kedua banyak orang tua lebih memilih sekolah Negeri dari pada Swasta dikarenakan faktor biaya. Faktor pendukung strategi meningkatkan jumlah peserta didik baru di SD IT Daarul Fadhil pertama, adanya layanan antar jemput. Kedua, sarana prasarana yang lebih baik dari sekolah-sekolah sekitarnya.
Copyrights © 2025