Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 2 No. 4 (2024): Oktober

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR (STUDI KASUS PADA PKBM AL FATTAH KABUPATEN TASIKMALAYA)

ISNANI NURPAZRIAH (Unknown)
LILIS KARWATI (Unknown)
NASTITI NOVITASARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Motivasi merupakan sikap yang dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi dalam mencapai harapannya. Belajar dan  berlatih merupakan cara untuk tetap berkembang dan membuka peluang untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi. Maka untuk dapat mewujudkannya dengan tekun dalam belajar. Namun fakta di lapangan kehadiran peserta didik masih rendah dan sebagian peserta didik kurang aktif ketika pembelajaran dan berdampak pada prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar. Pendekatan dalam penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata, yaitu dengan rumus n = R x E x N. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai t hitung pada variabel  motivasi belajar (X) yaitu -3.500. sedangkan untuk signifikansi atau nilai probabilitas yaitu 0,001 < alpha atau 0,05 ( 5% ), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis determinasi menunjukan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh sebesar 0,244 terhadap prestasi belajar serta untuk nilai persamaan regresi yaitu Y = 1650.186 - 3.429 X dengan hasil motivasi belajar berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar. Sementara itu, hasil korelasi motivasi belajar dengan prestasi belajar memiliki hubungan yang sedang.  Dengan demikian berdasarkan hasil analisis simpulannya yaitu motivasi belajar sangat berpengaruh signifikansi terhadap prestasi belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu keguruan dan ilmu ...