Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 4 No 1 (2025): Maret

Pelatihan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Mas Ubud, Gianyar, Bali

Wijaya, I Komang Wisnu Budi (Unknown)
Ni Nyoman Tri Wahyuni (Unknown)
Kadek Yudista Witraguna (Unknown)
I Ketut Manik Asta Jaya (Unknown)
Gusti Ayu Dewi Setiawati (Unknown)
I Made Putra Aryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Di era Revolusi Industri 4.0, kemampuan literasi dan numerasi menjadi kunci untuk menjadi individu yang berdaya saing. Oleh karena itu sejak diberlakukan Kurikulum Merdeka oleh pemerintah Indonesia, kemampuan literasi dan numerasi dijadikan sebagai salah satu tolok ukur kualitas satuan pendidikan. Namun, masih banyak ditemukan satuan pendidikan khususnya di sekolah dasar yang hasil asesmen literasi dan numerasinya masih belum memuaskan. Salah satunya di SD Negeri 5 Mas, Ubud, Gianyar, Bali. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala SD Negeri 5 Mas menyatakan bahwa siswa di satuan pendidikan tersebut masih perlu mendapatkan bimbingan dan pendampingan agar kemampuan literasi berkembang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka tim pengabdian terdorong untuk melakukan kegiatan pengabdian di SD Negeri 5 Mas, Ubud, Gianyar, Bali. Untuk mengukur keberhasilan kegiatan dilakukan dengan pengukuran gain skor hasil terhadap hasil pretes dan postes. Hasilnya rerata gain skor yang diperoleh siswa sebesar 0,63 (sedang).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SevanamPM

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal ilmiah resmi dari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa, dengan ISSN: 2829-3789. Jurnal ini merupakan wadah bagi publikasi artikel ilmiah yang merupakan luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat. Artikel yang diterbitkan merupakan ...