Fashohah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab
Vol 5 No 1 (2025)

INTEGRATING LIFE SKILLS IN ARABIC EDUCATION: BILINGUAL CAMPUS STUDY AT UIN MALIKI MALANG AND UIN SATU TULUNGAGUNG

Ahmad Nurcholis (Unknown)
Intan Sari Dewi (Unknown)
As'aril Muhajir (Unknown)
Abu Hanifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

ABSTRAK UIN Maliki Malang dan UIN Satu Tulungagung adalah dua perguruan tinggi Islam negeri yang telah berstatus Badan Layanan Umum (BLU) dan menerapkan sistem kampus bilingual. Penelitian ini menyelidiki model pengembangan pendidikan bahasa Arab berbasis life skills. Dengan status BLU, kedua perguruan tinggi diharapkan menjadi pelopor kampus bertaraf internasional di Indonesia dan memaksimalkan potensi unit usaha untuk mendukung tridharma perguruan tinggi. Studi ini menemukan perbedaan dalam fokus pengembangan di kedua lembaga dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif fenomenologis dengan landasan teori Fungsi Chester L. Barnard (1983). UIN Maliki Malang berkonsentrasi pada pengembangan kurikulum dan sumber daya manusia, sedangkan UIN Satu Tulungagung lebih menekankan pada peningkatan kerja sama antar lembaga dan pengembangan sarana dan prasarana.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fashoha

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fashohah is a journal that publishes original papers researching in Arabic teaching and learning. It is published by the Department of Arabic Language Education, Universitas Islam Malang, Indonesia. This journal is indexed in Google Scholar. Since Volume 1, the journal has regularly published twice ...