Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa

Ramdani, Novia (Unknown)
Setiadi, Dadi (Unknown)
Lestari, Tri Ayu (Unknown)
Handayani, Baiq Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran Berbasis Masalah adalah model pembelajaran yang menghadapkan peserta didik pada masalah nyata dan relevan dengan konteks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan assemblr edu terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa kelas VIII di SMPN 1 Keruak. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen kuantitatif yang disebut eksperimen semu (eksperimen semu) dengan desain penelitian non equivalen control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu berdasarkan kemampuan akademik siswa. Kelas VIII.2 dan VIII.5 dipilih sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VIII.1 dan VIII.4 sebagai kelas kontrol. Kemampuan berpikir berpikir diukur dengan menggunakan soal esai. Data dianalisis menggunakan statistik parametrik yaitu menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai uji hipotesis sebesar 0,005 atau < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning berbantuan assemblr edu terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa kelas VIII di SMPN 1 Keruak. Hal yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir komputasional siswa yaitu tahapan-tahapan dalam model pembelajaran berbasis masalah berbantuan assemblr edu memfasilitasi pengembangan berpikir sistematis dan kritis siswa dalam konteks pemecahan masalah, yang merupakan aspek penting dari kemampuan berpikir komputasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...