PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 9 No. 2 (2024)

Tinjauan Sistematis Desain Kurikulum Etno-STEM: Menjembatani Literasi Sains dan Berpikir Kritis Mahasiswa

hayati, Muriani (Unknown)
Widiyanto, Bayu (Unknown)
Utami, Isrotun Ngesti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kurikulum etno-STEM, serta implementasinya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur yang sistematis dan sesuai dengan pembahasan yaitu tentang STEM dan etnosains mengadopsi desain PRISMA (Preferred for Systematic Review and Meta-Analyses). Langkah sistematis dimulai dengan identifikasi, penyaringan dan inklusi artikel dari mulai tahun 2020-2025 menggunakan kata kunci STEM education, etnoscience, literacy science, critical thinking. Kebaruan penelitian ini pada integrasi pengetahuan STEM dan indigenous dengan sains modern berfokus pada literasi sains dan berpikir kritis. Hasil pembahasan bahwa desain kurikulum etno- STEM dapat digunakan sebagai alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan cara; 1) integrasi interdisipliner ilmu, 2) pendekatan project based learning dan problem based learning, 3) berfokus pada kebutuhan siswa, 4) keterampilan abad 21. Simpulan penelitian ini dapat menjadi pandangan akademisi dalam mengembangkan penelitian baru berbasis etno-STEM untuk meningkatkan kompetensi literasi sains dan berpikir kritis mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...