Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01, Maret 2025

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH ALIYAH TAKHASSUS AL SYA’IRIYAH LIMPUNG KABUPATEN BATANG

Muhammad Asrofi (Unknown)
Maryanto (Unknown)
Nugrahani, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Asrofi, Muhammad. 2025. “Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Takhassus Al Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang”. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing: 1) Dr. Maryanto, M.Si, 2) Dr. Dyah Nugrahani, M.Hum. Pendidikan di Indonesia telah menerapkan berbagai jenis kurikulum dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi terbaru dalam perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia adalah kurikulum merdeka. Kurikulum ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi, yang diterapkan sesuai dengan kesiapan masing-masing jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka serta faktor pendukung dan penghambatnya di MA Takhassus Al Syairiyah Limpung Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MA Takhassus Al Syairiyah Limpung Batang telah menerapkan kurikulum merdeka. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat berbagai kendala karena belum semua guru memahami kurikulum merdeka secara menyeluruh. Meskipun demikian, kendala tersebut tidak menjadi hambatan besar bagi kepala madrasah dan para guru dalam mengimplementasikannya. Selain itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas guru dalam menerapkan kurikulum merdeka secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...