Pendampingan kegiatan pengenalan makhorijul huruf dengan metode Iqro di TKA/TPA Nurul Ihsan Palangkaraya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak sejak dini sesuai dengan kaidah tajwid yang benar. Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan Service Learning (SL) yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Metode Iqro yang digunakan dalam kegiatan ini terbukti efektif karena pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang memudahkan anak-anak dalam memahami dan menghafal makhrajul huruf secara sistematis. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dalam membedakan dan melafalkan huruf hijaiyah dengan lebih tepat. Selain itu, pembelajaran dilakukan secara klasikal dengan membaca dan menulis huruf Hijaiyyah, serta dievaluasi melalui buku prestasi. Dan juga kegiatan doa bersama dan shalat asar berjamaah yang diterapkan. Dengan adanya metode ini juga meningkatkan motivasi  siswa dalam mempelajari Al-Qur’an serta meningkatkan makhorijul huruf baik mengenali, melafalkan dan membedakan huruf Hijaiyyah dalam mengembangkan keterampilan membacanya. Dengan demikian, pendampingan ini memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an bagi anak-anak di TKA/TPA Nurul Ihsan Palangka Raya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025