Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol. 9 No. 1 (2025): DIDAKTIKA BIOLOGI

MEDIA PERMAINAN KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Anggraeni, Restu (Unknown)
Alamsyah, Muhammad Radian Nur (Unknown)
Utami, Ferisa Prasetyaning (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan pemahaman konsep belajar siswa pada materi perubahan lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, berupa media permainan kartu uno. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media permainan kartu uno terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE menggunakan pre-experimental jenis One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen motivasi belajar diukur menggunakan skala dan pemahaman konsep diukur menggunakan instrumen tes. Data yang diperoleh berupa skala motivasi belajar siswa dan pretest-posttest. Media kartu uno ditinjau kelayakannya dari aspek materi dan media, serta keefektifannya terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep. Data dianalisis secara deskriptif dan uji N-Gain.  Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Kelayakan media permainan kartu uno dari aspek materi memperoleh 85,5% (sangat layak) dan aspek media memperoleh 92,52% (sangat layak). (2) Hasil uji keefektifan terhadap motivasi belajar memperoleh nilai N-Gain 0,44 dengan kategori sedang. (3) Hasil uji keefektifan pemahaman konsep memperoleh nilai N-Gain 0,69 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan kartu uno dinyatakan sangat layak dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

didaktikabiologi

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Didaktika Biologi: 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. Development and application of learning sources and media 3. Design of biological learning 4. Application of biological learning in schools (classroom ...