Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2025): VOL 5 NO 1

Analisis Pengaruh Minat Belajar Siswa MTS Nurus Salam Menggunakan Aplikasi Geogebra pada Materi SPLDV

Siregar, Tiur Malasari (Unknown)
Aini, Putri Nur (Unknown)
Vemilia, Rinjani (Unknown)
Aulia, Dilla Ulfa (Unknown)
Nasution, Hulwa (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap minat belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di tingkat SMP. Minat belajar yang tinggi terbukti memiliki peran penting dalam keberhasilan pembelajaran, terutama pada pelajaran matematika yang sering dianggap sulit dan abstrak. GeoGebra, sebagai aplikasi matematika interaktif, memungkinkan siswa memvisualisasikan konsep SPLDV dengan cara yang lebih konkret dan interaktif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan survei dan korelasional dengan partisipasi 28 siswa kelas VIII-2 di MTs Nurus Salam Deli Serdang. Data dikumpulkan melalui angket dengan lima indikator minat belajar: perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan, kedisiplinan, dan ketekunan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa, dengan indikator ketertarikan dan keterlibatan memperoleh persentase tertinggi. Hal ini menandakan bahwa GeoGebra mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif, sehingga berpotensi meningkatkan pemahaman siswa pada materi SPLDV. Rekomendasi penelitian ini mencakup perlunya integrasi teknologi pembelajaran berbasis ICT di kelas untuk memotivasi dan memfasilitasi pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan menarik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KJPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...