Untirta Civic Education Journal
Vol 9, No 2 (2024)

Pendidikan Karakter Peserta Didik : Suatu Aksiologi Filsafat Moral

Komalawati, Komalawati (Universitas Bina Bangsa)
Silalahi, Suandi (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Filsafat pendidikan memainkan peran kunci dalam pembentukan karakter siswa dengan menyediakan kerangka konseptual untuk mengintegrasikan nilai-nilai moral, etika, dan tujuan hidup dalam pendidikan, sehingga dapat mengimbangi pengaruh negative globalisasi dan membentuk siswa yang berkarakter, berintegritas, dan bertanggung jawab.(Situmorang et al., 2024). metode penelitian ini menggunakan studi literature untuk menggali konsep, teori, dan pemikiran mendasar dalam filsafat ilmu yang terkait dengan pendidikan karakter di era digital melalui analisis jurnal, buku, dan penelitian terdahulu dari berbagai sumber,termasuk perpustakaan digital dan database jurnal akademik.(Situmorang et al., 2024). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter memiliki landasan filosofis yang kuat, yang membekali pendidik dengan pemikiran yang mendalam tentang hubungan antara tujuan hidup dan pendidikan karakter.(Rahmadani et al., 2021) Pendidikan karakter juga membentuk budaya sekolah yang  yang berbasis nilai-nilai dan perilaku positif. Selain itu. Pendidikan karakter telah memenuhi syarat-syarat sebagai ilmu pengetahuan, termasuk landasan ontology, epistemology, dan aksiologi.(Gustiawan et al., 2023)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...