Education Curiosity
Vol 3 No 3 (2025): April-Juli 2025

Perbedaan Hasil Belajar antara Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Model Pembelajaran Konvensional

Mawardi, Agus Dian (Unknown)
Rakhmani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2025

Abstract

Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data komparasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin diperoleh hasil belajar rata-rata pada model pembelajaran konvensional yaitu 60,4 dan pada model pembelajaran talking stick adalah 80,4. Dari sini dapat diketahui bahwa ada kenaikan hasil belajar dari model pembelajaran konvensional ke model pembelajaran talking stick sebanyak 20 poin. Selain itu, diketahui pula bahwa model pembelajaran talking stick sangat berpengaruh nyata terhadap hasil belajar matematika di kelas V B SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin dengan taraf signifikan tt.ts5% =2,06 dan tt.ts1% = 2,80 maka dapat kita ketahui bahwa to adalah lebih besar daripada tt yaitu: 2,06<10,446>2,80. Hasil penelitian menunjukan bahwa sangat berpengaruh nyata penggunaan model pembelajaran talking stick daripada model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung pecahan di kelas V B SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...