Penelitian ini bertujuan untuk menyalakan efektivitas metode target dalam meningkatkan akurasi passing bawah pada permainan bola voli pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest dan melibatkan 20 siswa laki-laki yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SDN Cisempur. Data dikumpulkan menggunakan tes akurasi passing bawah dari AAHPER ( American Association for Health, Physical, Education and Recreation ) sebelum dan setelah pemberian metode pengobatan target selama dua belas pertemuan. Proses pelatihan melibatkan pemberian visual target untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor posttest dibandingkan dengan pretest. Rata-rata skor siswa meningkat dari 7,10 menjadi 11,45, dengan selisih rata-rata sebesar 4,35 poin. Analisis statistik uji-t sampel berpasangan menunjukkan hasil yang signifikan (p < 0,05), yang menyatakan efektivitas metode target dalam meningkatkan akurasi kelulusan bawah siswa. Implementasi metode ini sangat cocok untuk meningkatkan keterampilan dasar bola voli pada siswa pemula di jenjang sekolah dasar.
Copyrights © 2025