Abstrak: Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa menjadi bagian yang krusial di pendidikan terutama dalam bidang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengeksplorasi perbedaan gender terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah berbasis HOTS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif untuk mengkaji proses dan strategi pada setiap aspek berpikir kretaif siswa. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas V pada salah satu SD Negeri di Kota Malang. Data dikumpulkan melalui pemberian tes dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan teknik coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa perempuan lebih unggul pada aspek fluency, originality, dan elaboration sedangkan untuk aspek flexibilty masih perlu dikembangkan oleh siswa laki-laki maupun perempuan. Pada penelitian ini dapat ditegaskan bahwa perbedaan gender memengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa.Abstract: The development of students' creative thinking skills is a crucial part of education, especially in the field of mathematics. This study aims to explore gender differences in students' creative thinking skills in solving HOTS-based problems. The method used in this research is descriptive qualitative to examine the processes and strategies in each aspect of students' creative thinking. The research subjects consisted of six fifth grade students at one of the public elementary schools in Malang City. Data were collected through test administration and interviews and then analyzed using coding techniques. The results showed that overall female students were superior in the aspects of fluency, originality, and elaboration while the flexibilty aspect still needed to be developed by both male and female students. In this study, it can be emphasized that gender differences affect students' creative thinking skills.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025