Bahan ajar merupakan seperangkat materi pembelajaran yang dapat dikemas dalam bentuk cetak maupun non-cetak yang berisi sekumpulan informasi, dan materi yang disusun secara sistematis dan bermanfaat bagi peserta didik maupun guru dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan bahan ajar ensiklopedia khususnya pada pembelajaran IPA Kelas V SDN 15 Kota Tangerang dan untuk mengetahui efektivitas dan kualitas bahan ajar berdasarkan aspek kevalidan serta aspek kepraktisan yang ditinjau dari validator ahli media, ahli materi, ahli pendidik, dan respon peserta didik. Metode pada penelitian ini adalah metode R&D atau Research and Develompent dengan menggunakan model pengembangan yaitu model 4D dari Thiagarajan (1974) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan tingkat kevalidan ahli media yaitu 4,8 dan Tingkat kevalidan dari ahli materi 4,4 dengan kriteria sangat baik dan layak digunakan. Adapun tingkat kepraktrisan penilaian dari ahli pendidik yaitu 4,9 dan tingkat kepraktisan menurut respon peserta didik yaitu 4,5 atau Sangat Praktis. Dari hasil validasi dapat dikatakan bahwa bahan ajar yang dibuat oleh peneliti praktis dan layak digunakan.
Copyrights © 2025