Natural Science Education Research (NSER)
Vol 8, No 1 (2025): Natural Science Education Research

ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Awaliyah, Nur Irmiyanni (Unknown)
Wulandari, Ana Yuniasti Retno (Unknown)
Yasir, Mochammad (Unknown)
Muharrami, Laila Khamsatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis respon siswa SMP kelas VII terhadap model pembelajaran creative problem solving. Model pembelajaran creative problem solving berfokus pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VII A UPT SMP Negeri 10 Gresik tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan jumlah rata-rata dari semua indikator respon siswa sebesar 94,44% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa respon yang diberikan siswa sangat positif ketika model pembelajaran creative problem solving diterapkan pada materi pencemaran lingkungan saat proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...