Stres akademik merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh mahasiswa selama menimba ilmu di perkuliahan. Tekanan akademik yang dialami dapat menghambat pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dan mengganggu stabilitas mental mahasiswa selama masa perkuliahan sehingga memerlukan perhatian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat stres akademik pada mahasiswa, faktor penyebab, dampak yang ditimbulkan, serta strategi intervensi untuk mengurangi stres akademik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan mengkaji sumber-sumber yang relevan dengan topik bahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami stres akademik tingkat sedang, yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti pola pikir, motivasi, dan kesulitan dalam mengatur kehidupan pribadi, serta faktor eksternal seperti tugas yang berlebihan dan tekanan dari orang tua. Stres akademik dapat memengaruhi aspek psikologis dan fisik, seperti meningkatkan perilaku cyberloafing, prokrastinasi akademik, serta gejala gastrointestinal. Strategi intervensi seperti strategi koping fokus emosi, self-management, dan dukungan sosial terbukti efektif dalam mengurangi stres akademik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025