Penelitian ini bertujuan untuk merancang media Pembelajaran interaktif berupa board game matematika “Perkalian” untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa kelas III di SD Kesambi Dalam 1, Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika karena kurangnya ketertarikan terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Untuk itu, dirancang sebuah board game interaktif yang tidak hanya menyajikan materi perkalian, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendidik. Implementasi media pembelajaran ini dilakukan dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan board game ini mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi perkalian. Dengan demikian, board game ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Copyrights © 2025