Grab Kids: Journal of Special Education Need
Vol. 3 No. 1 (2023)

Pengembangan Panduan Intervensi Dini Pada Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Usia Sekolah Berbantuan Learning Management System Bagi Orang Tua

Dewi, Karina Wahyu (Unknown)
Purbaningrum, Endang (Unknown)
Budayasa, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini mengembangkan Panduan Intervensi Dini pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme Usia Sekolah menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) sebagai sarana pengembangan dan pengiriman materi secara online kepada orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah Riset dan Pengembangan (R&D) dengan model 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dihasilkan adalah panduan dengan bantuan LMS dan Petunjuk Pengguna. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, yang menyimpulkan bahwa produk layak digunakan dengan skor 88,75% oleh ahli materi dan 97% oleh ahli media.. Hasil uji kepraktisan menunjukkan kemudahan penggunaan panduan dengan bantuan LMS oleh empat orang tua. Uji keefektifan menunjukkan peningkatan dengan skor rata-rata 91% pemahaman orang tua dan kemampuan komunikasi anak-anak mereka yang mengalami gangguan spektrum autisme. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Panduan Intervensi Dini pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme Usia Sekolah berbantuan LMS praktis dan mudah digunakan. Panduan ini dapat meningkatkan pemahaman orang tua mengenai intervensi dini pada anak-anak autis dan juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. Produk ini juga layak digunakan sebagai alat pengembangan materi pendidikan online. Kata Kunci: intervensi dini, learning management system, google sites, autis

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

grabkids

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

About the Journal EditEdit About the Journal Aim and Scope GRAB KIDS: Journal of Special Education Need provides a diverse group of professionals with a peer-reviewed international platform for publishing original work in the field of special education. The journal welcomes research articles, as ...