Grab Kids: Journal of Special Education Need
Vol. 3 No. 2 (2023)

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI GUNUNG BERAPI DALAM PEMBELAJARAN SAINS BAGI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL

Rizki, Nika (Unknown)
Asriwijiastuti (Unknown)
Budiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Indonesia terletak pada bertemunya tiga lempeng tektonik yang mengakibatkan Indonesia menjadi pemilik gunung berapi terbanyak di dunia, hal tersebut menjadikan resiko bencana di Indonesia meningkat. Sehingga penting untuk dapat melakukan upaya penyelamatan diri ketika terjadi bencana, tanpa terkecuali para penyandnag disabilitas. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengembangkan media audio visual animasi gunung berapi dalam pelajaran sains serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan efektivitas media audio visual animasi gunung berapi dalam pembelajaran sains bagi penyandang disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research & Development (R&D) dengan pendekatan mix methode, model pengembangan menggunakan ADDIE. Hasil dari penelitian ini yakni : (1) menghasilkan media audio visual animasi gunung berapi dalam pembelajaran sains bagi penyandang disabilitas intelektual, (2) media audio visual animasi gunung berapi dalam pembelajaran sains bagi penyandang disabilitas intelektual termasuk dalam kriteria valid berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 85%, hasil validasi ahli media 94% serta validasi praktisi 84%, (3) media audio visual animasi gunung berapi dalam pembelajaran sains bagi penyandang disabilitas intelektual menunjukkan efektif digunakan dalam pembelajaran sains pada penyandang disabilitas intelektual berdasarkan hasil uji Wilcoxon menggunakan SPSS 16.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

grabkids

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

About the Journal EditEdit About the Journal Aim and Scope GRAB KIDS: Journal of Special Education Need provides a diverse group of professionals with a peer-reviewed international platform for publishing original work in the field of special education. The journal welcomes research articles, as ...