J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 14 No. 1 (2025): J+PLUS, Juni 2025

Fungsi Actuating dalam Kualitas Pelayanan Program Pelatihan Batik Neotral untuk Meningkatkan Partisipasi Warga Belajar di LKP Neutral Ponorogo

Shelin Kusuma Wati (Universitas Negeri Surabaya)
Widya Nusantara (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi actuating dalam kualitas pelayanan pada program pelatihan batik neotral serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang memengaruhi keberhasilan program tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pengelola LKP, Tutor, dan Warga Belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan teori miles dan huberman yakni kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan uji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferbilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi actuating dalam kualitas pelayanan program pelatihan batik neotral ini diterapkan dengan baik dan didukung berbagai faktor pendukung seperti fasilitas yang memadai dan standar kompetensi tutor sehingga mampu untuk menciptakan program pelatihan batik neotral yang berkualitas dan mampu meningkatkan partisipasi warga belajar sehingga banyak warga belajar yang telibat aktif untuk ikut serta mengembangkan program pelatihan seperti ikut sebagai pengrajin dalam produksi batik neotral.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...