J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 14 No. 1 (2025): J+PLUS, Juni 2025

Metode Flash dalam Mewujudkan Synergy of Faith and Education di Rumah Tahfidz Al-Quran (RTQ) Aisyiyah Nganjuk

Aghata, Marsyivania Ziven (Unknown)
Rosyanafi, Rofik (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2025

Abstract

Rumah Tahfidz Al-Qur’an (RTQ) Aisyiyah Nganjuk merupakan lembaga pendidikan nonformal yang mengintegrasikan iman dan pendidikan melalui metode Flash dalam pembelajaran tahfidz. Metode ini mengombinasikan visualisasi, pengulangan, dan gerakan tangan untuk mempermudah santri dalam menghafal dan memahami Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap santri, ustadzah, dan pengurus RTQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Flash efektif dalam meningkatkan hafalan dan pemahaman santri. Faktor pendukung meliputi dukungan program RTQ, peran ustadzah, dan partisipasi santri, sedangkan kendala utamanya adalah kurangnya keterlibatan wali santri dan ketidaktepatan waktu pembelajaran. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pengembangan program pendidikan nonformal di berbagai wilayah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...